Kemnaker Tegaskan Komitmen Konsolidasikan Informasi Pasar Kerja

  • Whatsapp
Bersama pejabat di Bali, Sekjen Kemnaker memacu semangat untuk terus mengkonsolidasikan infromasi suplai pasar kerja.

BALI-MARITIM: Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi kembali menegaskan komitmennya untuk terus mengkonsolidasikan informasi suplai pasar kerja dalam memenuhi kebutuhan perusahaan/industri atau investor agar mendapatkan tenaga kerja yang secara kuantitas maupun kualitas memiliki kompetensi.

“Melalui konsolidasi informasi suplai pasar kerja ini diharapkan ketersediaan data semakin memadai dari sisi kuantitas menuju big data maupun dari sisi kualitas data yang terkonsiliasi,” ucap Anwar Sanusi ketika memberikan sambutan pada Konsolidasi Informasi Pasar Kerja, di Kabupaten Badung, Bali, Kamis (15/9/2022).

Read More

Dalam konsolidasi ini, Sekjen Anwar menyebut sangat memiliki arti penting bagi pembangunan ketenagakerjaan di Indonesia. Juga menjadi momentum penting dalam mewujudkan sinergitas dan kolaborasi para pemberi kerja sebagai sumber informasi kebutuhan tenaga kerja yang menjadi modalitas dalam memperkuat link and match untuk memperkuat penyediaan (supply) pasar kerja nasional.

“Seluruh pemangku kepentingan perlu siap menghadapi perubahan substansi yang berdampak pada masa depan pekerjaan,” katanya.

Ia melanjutkan, perusahaan juga harus mulai melakukan perencanaan dan transisi masa depan pekerjaan dengan program pembelajaran jangka panjang, baik saat ini maupun di masa mendatang.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Sekjen Anwar mendorong semua pihak sebagai suplai pasar kerja berpartisipasi dalam pengumpulan dan pengelolaan informasi pasar kerja yang terkonsolidasi secara kuat bagi para pemberi kerja/perusahaan untuk aktif memanfaatkan pelayanan Kemnaker melalui aplikasi Karirhub SIAPkerja.

“Melalui Karirhub SIAPkerja, pemberi kerja dapat memperoleh calon pekerja yang memiliki skill dan keahlian sesuai dengan kebutuhan jabatannya,” ujarnya. (Purwanto).

Related posts