Wakil Menaker Minta Pembangunan BLK UPTP Gorontalo Segera Selesai dan Dioperasikan

Wakil Menaker menerima cenderamata kerajinan Gorontalo yang disampaikan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Gorontalo.

GORONTALO-MARITIM: Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor meninjau progres pembangunan gedung Balai Latihan Kerja Unit Pelayanan Teknis Pusat (BLK UPTP) Provinsi Gorontalo, Kamis (25/1/2024). Peninjauan ini dilakukan bersama Pejabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya.

“Alhamdulillah, hari ini saya bersama tim Kementerian Ketenagakerjaan datang ke Gorontalo dalam rangka meninjau perkembangan pembangunan BLK dan workshop,” ucap Wakil Menaker di Kota Gorontalo, Sulawesi Utara.

Wamenaker menilai, pembangunan gedung BLK dan workshop telah mencapai 66 persen. Hal tersebut mengalami sedikit keterlambatan dari target awal yang seharusnya selesai pada 2023.

“Mudah-mudahan segera diselesaikan dan bisa dituntaskan dalam beberapa bulan ini, karena ini termasuk terlambat,” ucapnya.

Dijelaskan, pembangunan BLK meliputi dua ruang workshop terdiri atas ruang pelatihan manufaktur dan las listrik. Kedua workshop ini akan digunakan sebagai balai pelatihan untuk masyarakat.

“Kami berharap keberadaan workhop ini dapat meningkatkan skill dan kemampuan pencari kerja di Provinsi Gorontalo. Pelatihannya tergantung jurusan apa yang ingin mereka ikuti, dan jam pelajaran sesuai dengan jurusan masing-masing,” tambahnya.

Ia menegaskan, semua pelatihan yang diselenggarakan tanpa ada pungutan biaya karena ditanggung negara. Selain itu, pelatihan ini dapat diikuti masyarakat luas tanpa ada syarat apa pun, seperti batas usia dan ijazah.

Pada kesempatan itu, Pejabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya menyatakan komitmennya akan menuntaskan pembangunan gedung BLK dan workshop, sehingga masyarakat dapat segera mengikuti pelatihan yang diselenggarakan pemerintah.

“Yang pasti kami akan berusaha semaksimal mungkin agar pembangunan ini cepat selesai. Kami ingin skill dan keterampilan masyarakat Gorontolo meningkat, yang pada akhirnya akan meningkatkan perekonomian,” ucap Ismail. (Purwanto).

 

Related posts