PRESIDEN JOKOWI: KITA TELAH LAMA MEMUNGGUNGI LAUT

Tanah Bumbu,Kalsel – Maritim

JOKO WIDODO Presiden, menegaskan sumber daya alam (SDA) laut merupakan kunci kesejahteraan Indonesia. Dalam beberapa kesempatan, Presiden menyampaikan bahwa telah lama kita memunggungi lautan. Begitu juga saat Presiden memberi sambutan di Puncak Budaya Maritim Pesta Laut Mappanretasi 2017 di Pantai Pegagan, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Minggu (7/5/2017). Dalam siaran pers juru bicara kepresidenan yang dirilis Minggu (7/5/2017), Presiden mentaan: “Padahal kekayaan kita ada di laut, sumber daya alam kita ada di laut”.

Menurut Jokowi, SDA Laut Indonesia diperkirakan memiliki potensi bagi pendapatan negara, kurang lebih Rp17.000 triliun setiap tahun dan dapat menjadi kunci peningkatan kesejahteraan rakyat Indonesia untuk meningkatkan pemerataan ekonomi masyarakat. Namun, menurut Presiden, sumber daya alam ini belum dikelola dengan baik.

Mengawali sambutannya, Presiden mengungkapkan rasa senangnya dapat hadir di Pesta Adat Mappanretasi di Kabupaten Tanah Bumbu. Ujar Jokowi : “Pesta adat ini menjadi bukti bahwa jati diri kita, bahwa karakter kita, bahwa budaya kita, adalah kodrat dari bangsa dan negara kita Indonesia, yaitu bangsa maritim. Melalui kesempatan ini memperlihatkan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia sejak dulu sudah hidup harmonis dengan laut.

Sebelum menyampaikan sambutan, Presiden didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengikuti prosesi penobatan adat berupa pengalungan kain adat, penyematan ikat pinggang. Padakesempatan itu, masarakat dan pemerintah daerah Tanah Bumbu memberi Gelar Adat Kapiteng Lau Pulo,kepada Presiden. Secarasimbolik,enyerahan gelar dilakukan oleh Ketua Lembaga Adat Tanah Bumbu Burhansyah. Seusai prosesi adat, Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo berjalan kaki menuju dermaga, melihat kapal-kapal yang akan berlayar, didamingi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, dan Bupati Tanah Bambu Mardani Maming.***ERICK A.M.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *