“Senja Kenangan” Padang Panjang Menyisakan 3 Kios Perajin IKM Kulit

PADANG PANJANG-MARITIM : Satu-satunya hal yang pasti terjadi dalam kehidupan di dunia ini adalah perubahan. Di mana perubahan itu tidak akan pernah bisa dihindari.

Kota Padang Panjang kini punya “Senja Kenangan”, yang merupakan singkatan dari Sentra Jajanan, Kerajinan dan Makanan. Sebuah pondok desain dan promosi sentra industri khusus produksi kulit. Berlokasi di Bukit Surungan Kota Padang Panjang yang disediakan oleh Dinas Perdangangan Koperasi dan UKM.

Read More

Humas Ditjen Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Urwah Wali Aufi bersama Kepala UPTD Penyamakan Kulit Kota Padang Panjang, Thoriyan Sabri berkesempatan mengunjungi “Senja Kenangan” pada Kamis (16/3) pekan lalu.

Menurut Rendi Meklis, salah seorang perajin kulit, menyampaikan pihaknya memproduksi sepatu boots untuk polisi, sepatu safety dan sepatu olahraga serta pembuatan gantungan ID Card.

“Kami mengerjakan sesuai pesanan dan dikirim keluar dari Sumatera Barat dan berusaha sejak 8 tahun lalu. Apabila ada tambahan order kami baru mencari tenaga kerja lagi,” ujarnya.

Sedangkan Saiful, perajin kulit sepatu, sandal, dompet, ikat pinggang, telah memiliki merek sendiri “Paguno” pada produknya. Sebelum pandemi Covid-19, Saiful memiliki 5-7 karyawan dengan jumlah counter mencapai 11 unit yang berlokasi di Bukit Tinggi dan Kota Padang.

“Tapi kini semuanya tinggal kenangan setelah terjadinya pandemi Covid-19. Sekarang kami mulai merintis lagi usaha tersebut,” katanya.

Sementara Reno dan Saiful Hendri, perajin kulit ketiga yang ditemui, mengatakan saat ini pihaknya tengah menyelesaikan berbagai pesanan gantungan nama untuk pegawai Pemerintah Kota Padang Panjang.

Selain itu, katanya, pesanan aksesoris juga diperolehnya melalui Instagram dan Facebook. (Muhammad Raya)

Related posts