ISAA Kembali Selenggarakan Diklat IMSBC Code di Samarinda

SAMARINDA , MARITIM : Indonesia Shipping Agencies Association (ISAA) bekerjasama dengan lembaga diklat Sasendo kembali menyelenggarakan Diklat tata cara penanganan barang curah padat di pelabuhan (IMSBC Code) sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 6/2021, di Samarinda hari ini (14/11/2023).

Diklat yang ke sekian kalinya itu dibuka oleh Kasubdit 3 Tertib Berlayar Direktorat KPLP  Ditjen Hubla, Radzaman secara online. Dalam sambutannya, Ia mengapresiasi ISAA dan Sasendo yang terus menginisiasi untuk pelaksanaan diklat sesuai Peraturan Menteri Perhubungan dalam rangka kelancaran operasional arus barang dan kapal di pelabuhan.

Read More

Ditambahkan, diklat IMSBC merupakan mandatory dari IMO (International Maritime Organization) yang teknisnya diatur melalui Permenhub Nomor 6/2021.

Hadir dalam pembukaan diklat yang diikuti 40 peserta dari praktisi keagenan kapal dan praktisi terkait seperti bongkar muat dan lainnya adalah Capt. Sahrun mewakili KSOP kelas I Samarinda, dan Soni Setyana dari DPP ISAA.

Selama diklat, peserta mendapatkan teori dan praktek cara penanganan barang curah padat di pelabuhan dari i

IMOnstruktur yang telah berpengalaman di dunia kepelabuhanan dan pelayaran.

Nantinya, peserta setelah dinyatakan lulus oleh Tim Penguji akan mendapatkan sertifikat dari Direktorat KPLP Dijten Hubla sebagai institusi yang diberikan wewenang oleh IMO untuk pengawasan di lapangan soal barang curah padat. **Hbb

Related posts