PERAIRAN NTT TERANCAM GELOMBANG TINGGI

Kupang  – Maritim

BERDASAR analisis terhadap kondisi cuaca mutakhir, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) El Tari Kupang, merilis prakiraan potensi terjadinya gelombang tinggi 3,5-4 meter di perairan Nusa Tenggara Timur (NTT) mulai 25 Juli 2017. Ni Putu Nonik Prianti Prakirawati BMKG El Tari katakan: “Potensi gelombang tinggi di wilayah perairan NTT bagian selatan hingga barat akan masih terus terjadi dalam beberapa hari ke depan”.

Read More

Menurutnya, di wilayah perairan Samudra Hindia Selatan NTT, tinggi gelombang bisa mencapai 4 meter. Sementara di wilayah perarain laut Selatan Pulau Sumba serta perairan Laut Sawu, tinggi gelombang mencapai 3,5 meter. BMKG juga mencatat tinggi gelombang 2-3 meter terjadi di perairan Utara Flores, Selat Ombai, Selat Alor, Selat Wetar, Selat Sape, Selat Sumba bagian barat, Laut Timor Selatan Nusa Tenggara Timur dan perairan Selatan Kupang hingga Pulau Rote.

Noni menambahkan: ”Tinggi gelombang bisa mencapai dua kali melebihi prediksi BMKG hingga perlu diwaspadai. Pemicunya karena kecepatan angin yang mulai meningkat kembali di wilayah NTT hingga 25 knot. Angin kencang ini, disebabkan perbedaan gradien tekanan udara antara wilayah NTT dengan tekanan udara di Australia.***ERICK A.M.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *