KALPATARU UNTUK KELOMPOK NELAYAN BANYUWANGI

Banyuwangi Jatim – Maritim

KELOMPOK Nelayan Samudra Bakti pengelola lokasi wisata “Bangsring Underwater” di Banyuwangi, memperoleh penghargaan Kalpataru kategori Penyelamat Lingkungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.Penghargaan diserahkan oleh Siti Nurbaya Menteri LHK Siti Nurbaya pada Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2017 di Gedung Mandala Wanabakti, Jakarta, Rabu (2/8/2017), yang dihadiri Joko Widodo Presiden.

Penghargaan Kalpataru kategori Penyelamat Lingkungan diberikan kepada kelompok masyarakat formal maupun informal, yang berhasil melakukan pelestarian fungsi lingkungan hidup atau pencegahan kerusakan. Kelompok Nelayan Samudra Bakti merupakan pelopor konvervasi memperbaiki ekosistem dengan mengubah perilaku dan budaya tangkap ikan para nelayan. Saat ini, kawasan perairan Pantai Bangsring, Kacamatan Wongsorejo, basis kelompok nelayan itu telah jadi salah satu tujuan wisata favorit di Banyuwangi. Terkait capaian itu, Ikhwan Arif ketua kelompok nelayan mengatakan: “Kami sangat bersyukur, langkah yang kami lakukan mendapat apresiasi Presiden. Ini jadi penyemangat bagi kami untuk terus melakukan yang terbaik. Kami mengubah perilaku dalam menangkap ikan yang tadinya menggunakan potassium atau bom ikan menjadi lebih ramah lingkungan. Awalnya banyak yang menentang, tapi kami tidak menyerah. Kami juga menetapkan area konservasi laut seluas 15 KM di mana di area ini tidak boleh ada aktivitas penangkapan ikan”.

Tahun 2014, kelompok nelayan ini dapat bantuan rumah apung dari Kementerian Kelautan dan Perikanan,yang kemudian menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Di rumah apung tersebut, para wisatawan bisa diving, snorkeling, atau sekadar bermain-main dengan ikan-ikan hias yang ada di sana. Nelayan setempat juga menyewakan perahu bagi wisatawan yang hendak menyeberang ke Pulau Tabuhan, yang kendati tidak berpenghuni tetapi menawarkan pesona pasir putih bersih dengan kekayaan biota laut yang menawan.

Pemkab Banyuwangi memberi dukungan pengembangan destinasi wisata “Bangsring Underwater”, lewat promosi sertpeyertan festival. Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang hadir dalam acara pemberian penghargaan, berterima kasih kepada para nelayan yang telah memberi sumbangsih nyata terhadap masyarakat Banyuwangi. Ujar Anas: “Ini adalah bentuk partisipasi rakyat dalam memajukan daerah. Apalah arti pemerintah tanpa peran masyarakat. Semoga penghargaan ini menjadi inspirasi bagi kelompok masyarakat lainnya untuk bersama-sama berkontribusi bagi Banyuwangi”. ***ERICK A.M.

 

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *