KERJASAMA TRANSPORTASI INDONESIA-MALAYSIA-FILIPINA

Jakarta  – Maritim

MENINDAKLANJUTI acara pertemuan tingkat tinggi 39 Menteri Perhubungan Asia-Eropa di Nusadua Bali (26-28 September 2017), Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan RI mengadakan pertemuan bilateral dengan Liow TiongLai Menteri Transportasi Malaysia dan Arthur Tugade Menteri Transportasi Filipina di Bali. Budi Karya mengatakan pertemuan dengan delegasi Malaysia membahas tiga hal,  meliputi rencana kerjasama pembukan jalur operasional kapal roro Dumai – Malaka, Ekspor Kereta Api dari INKA dan Konektivitas Udara.

Jelas Menhub: “Dengan delegasi Malaysia kami bahas realisasi rencana kerjasama kapal roro dari Dumai ke Malaka. Untuk ini, di beberapa pelabuhan masih disiapkan karena kebutuhan yang cukup banyak”.

Selain itu, menurut Budi Karya Sumadi karena kebutuhan kereta api di Malaysia cukup banyak, maka negeri jiran itu juga berminat membeli kereta api produksi PT Industri Kereta Api (INKA). Selain itu dibicarakan pula terkait penerbangan internasional di Bandara Silangit yang akan buka 28 Oktober. Terangnya: “Jadi setelah dibuka rute penerbangan dari Silangit ke Singapura, diharapkan pula ada rute Silangit ke Penang atau ke Kuala Lumpur”.

Sedang dengan delegasi Filipina dilakukan pembahasan rencana Garuda Indonesia terbang ke Filipina, ekspor kereta api INKA ke Filipina dan pendidikan vokasi untuk nakhoda.

Arthur Trugade, Menteri Transportasi Filipina katakan, pemerintah dan masyarakat Filipina sangat terbuka mengembangkan sektor transportasi bersama dengan Indonesia. Ujarnya: “Kami benar-benar memiliki hati yang terbuka untuk mengembangkan sektor transportasi secara bersama”.

Hal lain yang dibicarakan berkaitan dengan koordinasi IMO. Baik Malaysia mupun Filipina serta Singapura sepakat untuk mendukung Indonesia  sebagai anggota kategori C yang menentuannya akan dilakukan dalam pertemuan pada bulan November nanti. Turut mendampingi Budi Karya dalam pertemuan bilateral itu adalah Sugihardjo Sekjen Kemenhub, Agus Saptono Kepala Biro Kerjasama serta Baitul Ihwan Kepala Biro Komunikasi & Informasi Publik Kemenhub. ***ADIT/Dps/Maritim

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *