BANTUAN KOVERTER KIT UNTUK NELAYAN PROBOLINGGO

Probolinggo  – Maritim

KEMENTERIAN Energi dan Sumber Daya Alam (ESDM), beberapahari lalu berkenan memberi bantuan hibah berupa 345 paket konverter kit, kepada ratusan nelayan yang ada di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.  Wahid Noor Azis Kepala Bidang Perikanan Tangkap mewakili Dedy Iskandar Kepala Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo, jelaskan: “Bantuan hibah konverter kit itu diberikan kepada 345 orang nelayan yang berada di tujuh kecamatan pesisir pantai Kabupaten Probolinggo”.

Para nelayan yang menerima bantuan tersebut terdiri dari nelayan di Kecamatan-kecamatan Tongas 75 paket, Sumberasih 148 paket, Dringu 36 paket, Gending 29 paket, Pajarakan 9 paket, Kraksaan 28 paket dan Paiton 20 paket. Hibah konverter KIT tersebut, diberikan kepada masyarakat nelayan kecil yang memiliki perahu berbobot kurang dari 10 gross ton (GT) dengan mesin berdaya kurang dari 13 HP, serta menggunakan alat tangkap ramah lingkungan.

Menurut Wahid, hibah tersebut bertujuan untuk mengurangi pemakaian bahan bakar minyak (BBM) jenis bensin (premium), agarsegera beralih menggunakan bahan bakar gas (BBG) elpiji tiga kilogram. Terkait dengan perubahan penggunaan bahan bakar itu, para nelayan mengakui, dengan mnggunakan konverter kit terjadi efisiensi penggunaan energi hingga sekitar 50% , hingga dapat menekan pengeluaran untuk biaya bahan bakar. Halitu terjadi karena berkurangnya pemakaian BBM premium, hingga masyarakat nelayan bisa melakukan penghematan biaya produksi da operasonal untuk melakukan penangkapan ikan di laut. ***AYUDHIA/Sub/Maritim

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *