MEDANA BAY GERBANG KUNJUNGAN YACHT

Pemenang Lombok, Maritim

KEMENTERIAN Perhubungan (Kemenhub) menetapkan kawasan Medana Bay Marina, Lombok Utara sebagai terminal khusus pariwisata untuk gerbang kapal wisata yacht yang didominasi tall-ship (perahu tiang tinggi) asing. Penetapan ini membuat kawasan tersebut mendapat sejumlah insentif.

Berdasar KepMenhub No. 567 Tahun 2018 tanggal 3 April 2018, Medana Bay ditetapkan sebagai tempat masuk dan keluar kapal wisata yacht, tall ship maupun cruise. Penetapan Medana Bay sebagai terminal kapal wisata dimaksudkan untuk meningkatkan kunjungan kapal wisata asing ke Indonesia.

Berkat penetapan terminal kapal wisata, PT Wisata Alam Samudera selaku pengelola Medana Bay bakal memperoleh kemudahan pelayanan, antara lain di bidang kepabeanan, keimigrasian, karantina, dan kepelabuhanan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Kemenhub meminta pengelola untuk mengikuti ketentuan peraturan perundangan di bidang kepelabuhanan, angkutan di perairan, dan lingkungan maritim. Selain itu, pengelola harus mematuhi peraturan perundang-undangan dari instansi Pemerintah lainnya yang berkaitan dengan kegiatan kapal wisata (yacht) asing.

Kegiatan operaional kapal wisata asing juga perlu dilaporkan kepada Menteri Perhubungan melalui Direktur Jenderal Perhubungan Laut dengan tembusan Penyelenggara Pelabuhan setempat. Operasional akan diawasi Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Pemenang.

Berdasar informasi laman Medina Bay, terminal yang berlokasi di Lombok Utara itu telah menyediakan 12 pelampung tambat yang cukup untuk 12 kapal dengan kedalaman 5 meter hingga 18 meter. Medana Bay juga memiliki area labuh yang cukup untuk menampung 20 kapal. Sebelumnya, Kemenhub juga telah menurunkan tarif untuk kapal yacht, super yacht, dan cruise asing pada 2017 lalu. Pemberian reduksi tarif ditujukan kepada empat operator pelabuhan lewat surat PP 002/5/14/ DJPL-17 tanggal 24 Mei 2017.***ADIT/Dps/Maritim

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *