TELUK LAMONG & HOME TERMINAL DAPAT PENGHARGAAN

Surabaya, Maritim

PT TERMINAL Teluk Lamong (TTL), anak usaha PT Pelabuhan Indonesia III (Persero)/Pelindo III, jadi salah satu “Indonesia Most Creative Company 2018”.  Penyerahan anugerah bertajuk “Outstanding Corporate Innovator” dan “Indonesia Most Creative Company” tahun 2018  dilaksanakan pekan lalu, di Hotel Shangri-La, Jakarta.  Penghargaan diserahkan oleh Chief Editor Majalah SWA Group Kemal E. Ghani. Bersama dengan TTL, terdapat 29 perusahaan menerima apresiasi dan berhak menyandang predikat “Mereka Yang Tak Henti Berkreasi”.

Read More

Penghargaan ini merupakan apresiasi atas hasil riset Majalah SWA bekerjasama dengan PPM Manajemen kepada sejumlah perusahaan BUMN, anak usaha BUMN dan swasta. Riset dilakukan untuk mencari perusahaan yang memiliki kreativitas, inovasi dan terobosan unik pada masing-masing bidang kerjanya, hingga dapat meningkatkan performa perusahaan.

Menurut Rumaji,  Direktur Operasi dan Teknik TTL, implementasi prinsip “Green Smart Port” dalam pelayanan kepelabuhanan menjadi keunggulan Terminal Teluk Lamong, yang telah beroperasi sejak 2014. Ujarnya pada sambutan penyerahan penghargaan: “Teluk Lamong  merupakan satu-satunya terminal di Indonesia yang telah terapkan konsep otomatisasi dan ramah lingkungan”.

Dijelaskan, penerapan pola operasi berbasis teknologi informasi berimbas pada peningkatan produksi bongkar muat peti kemas 102%, yang berakibat pergerakan logistik nasional jadi makin lancar, disebabkan waktu tunggu kapal menjadi kian singkat. Hingga kini, TTL berhasil menerapkan zero waiting time di pelabuhan.

Terkait penggunaan Bahan Bakar Gas (BBG) dan energi listrik dalam operasional terbukti mampu mengurangi emisi gas buang. TTL juga dilengkapi dengan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) untuk memasok kebutuhan listrik secara mandiri.

Sementara itu, inovasi Pelindo III menyajikan seamless service berbasis aplikasi mobile Home Terminal juga mendapat apresiasi dari MarkPlus Inc., Rabu (02/05). Perusahaan terbesar konsultan pemasaran tersebut menganugerahkan Bronze Winner kepada Pelindo III sebagai “Promising Company in Strategic Marketing”. Gelaran ini dilangsungkan pada salah satu rangkaian Jakarta Marketing Week 2018 di Grand Atrium Kota Kasablanka.

Dalam kesempatan itu, Commercial and Operational Director Pelindo III Mohammad Iqbal hadir menerima penghargaan yang diserahkan oleh Deputi Bidang Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan Kementerian BUMN Ahmad Bambang, didampingi oleh Founder and Chairman MarkPlus Hermawan Kertajaya.

Sepanjang lima kali penyelenggaraann BUMN Marketeers Award ini, Pelindo III mulai intens mencatatkan namanya dalam daftar peraih penghargaan tersebut sejak tahun lalu. Ketika itu, BUMN kepelabuhanan berkantor pusat di Surabaya ini meraih peringkat serupa untuk kategori “The Most Promising Company in Marketing 3.0”.

Dalam perhelatan ini, MarkPlus mengundang 115 BUMN serta para Anak Perusahaan BUMN untuk berpartisipasi. Tema yang diusung tahun ini adalah “On Becoming Significant World Class Player”.Event ini menjadi semacam ajang apresiasi bagi kinerja perusahaan BUMN dan bertujuan untuk mendorong terciptanya peningkatan strategi, taktik, dam implementasi branding campaign antar perusahaan BUMN. ***ERICK A.M.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *