Komik Seri 10 KSPN Diluncurkan

Deputi Bidang Sumber Daya Alam dan Jasa Kemenko Kemaritiman Agung Kuswandono saat foto bersama tim kreatif
Deputi Bidang Sumber Daya Alam dan Jasa Kemenko Kemaritiman Agung Kuswandono saat foto bersama tim kreatif

Jakarta, Maritim

Pemerintah terus mengupayakan edukasi ke masyarakat, khususnya generasi muda, soal kekayaan maritim bangsa ini. Salah satunya seperti yang kini tengah dilakukan Kemenko Kemaritiman dan Alex Media Komputindo membuat literasi kemaritiman kekinian bertajuk ‘Si Juki Seri Jalan Jalan Nusantara’.

Bacaan komik berseri itu mengupas tuntas sepuluh kawasan strategis pariwisata nusantara (KSPN). Destinasi pariwisata prioritas pilihan Presiden Jokowi. Di mana edisi perdana bercerita petualangan Si Juki dan temannya Mang Awung di Labuan Bajo.

“Kedekatan karakter Juki dengan para penikmat kisahnya kami nilai bisa jadi salah satu jalan meningkatkan pemahaman masyarakat, khususnya generasi muda, tentang potensi maritim Indonesia,” ungkap Deputi Bidang Sumber Daya Alam dan Jasa Kemenko Kemaritiman, Agung Kuswandono saat peluncuran di Jakarta, Rabu (5/12).

Ditambahkan, pihaknya memang menargetkan generasi muda terbina semangat dan jiwa maritimnya. Sebab, bila anak muda sering melakukan perjalanan, maka akan tumbuh rasa nasionalisme. Rasa bangga lalu cinta tanah air.

“Seeing is believing, bila anak muda melihat sendiri betapa luas dan indahnya nusantara, rasa cinta tanah air akan terbangun. Itu harapan kami,” katanya.

Kreator Juki, Faza Meonk, menambahkan dalam proses riset komik dirinya menemukan kalimat ‘Indonesia itu Indah’ benar adanya. Keragaman budaya begitu luar biasa yang akhirnya membentuk nama Indonesia.

“Inilah harta karun Indonesia. Karenanya dalam cerita saya buat konsep petualangan yang harus dilalui Si Juki dan Mang Awung lewat berbagai misi rahasia,” urainya. (M Raya Tuah)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *