Festival Bau Nyale Tersandung Isu Virus Corona

MATARAM LOMBOK – MARITIM : Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (Pemprov NTB) secara resmi menetapkan tanggal 14-15 Februari 2020 sebagai waktu pelaksanaan Festival Pesona Bau Nyale tahun 2020. Hal ini berdasarkan Sangkep Warige yang telah digelar para pemangku adat Sasak, beberapa waktu lalu di desa Adat Sasak Ende Sengkol Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Sayangnya, festival yang menjadi icon pariwisata NTB ini, kali ini akan berlangsung saat maraknya pemberitaan terkait penyebaran virus Corona.

Read More

Direktur Pengamanan Objek Vital (Ditpamobvit) Polda NTB, AKBP Abi Darrin mengingatkan pentingnya penyiapan langkah antisipasi terkait isu virus Corona. Disamping persiapan lokasi, dengan akan banyaknya tamu mancanegara yang ingin menyaksikan event budaya maupun internasional lainnya di NTB. Ujar Abi Darin: “Perlu dari awal dipersiapkan alat-alat dan prosedur terkait penanganan dan penanggulangan penyebaran virus Corona. Kami sudah membahas kesiapan di Pamobvit Polda NTB, untuk mengawal pengamanan  event Bau Nyale ini. Dan sudah dibahas dalam rapat koordinasi persiapan penyelenggaraan event Bau Nyale di Poltekpar Negeri Lombok, Kamis (30/1) lalu”.

Tugas Pamobvit di Festival Pesona Bau Nyale 2020, menyelenggarakan kegiatan pengamanan terhadap objek khusus. Yang meliputi personel dan fasilitas, materil logistik, kegiatan di dalam lembaga negara, perwakilan negara asing. Termasuk VIP dan objek pariwisata. Dan Festival Pesona Bau Nyale 2020 adalah agenda Pemerintah Pusat, sehingga memerlukan pengawalan khusus dari Pamobvit Polda NTB.

Sementara itu kesiapan menyambut festival Bau Nyale 2020 juga diungkapkan Asisten II Setda Lombok Tengah, H Nasrun. Pihaknya berharap kerjasama dan sinergi dari semua pihak untuk ikut menyukseskan event budaya tahunan yang telah menjadi ikon masyarakat Lombok tersebut. Kata Nasrun, selama ini festival Bau Nyale setiap tahun selalu digelar di pantai Seger. Namun khusus tahun ini, dipusatkan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Tutur Nasrun: “Karena akses transportasi menuju pantai Seger sedang tahap konstruksi untuk persiapan MotoGP 2021”.

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Pemprov NTB,  Faozal menyebut, ‘Wonderful Event Festival Pesona Bau Nyale’ telah masuk dalam agenda ‘Nasional Calender of  Event Lombok-Sumbawa 2020’. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan kunjungan turis mancanegara maupun domestik. Menurut Faozal, rangkaian festival Bau Nyale 2029 yang dipusatkan di KEK Mandalika, memiliki beberapa agenda. Diantaranya Photo Contest, Perisean, Pelatihan, Pelatihan Mandalika Go to Shcool, dialog kreatif, Kampung Kuliner.  Dan pada malam puncak ada pemilihan Putri Mandalika dan hiburan rakyat. Selain itu di lokasi kegiatan juga akan disediakan khusus tempat untuk para UKM menyajikan produk terbaiknya.

Festival Bau Nyale 2020 ini merupakan salah satu event pemanasan dan pembuka di awal tahun. Menuju ‘Road to Mandalika MotoGP 2021’. Kegiatan ini jadi salah satu event meraih target kunjungan wisatawan di NTB mencapai 4 juta orang tahun 2020.  (RX/Maritim)

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *