Tingkatkan Layanan Pengguna Gas Rumah Tangga, Tahun 2024 PGN Target Mampu Tambah 4 Juta Pelanggan Baru

  • Whatsapp

JAKARTA–MARITIM : Pandemi Covid-19 yang memasuki tahun kedua, memaksakan masyarakat lebih banyak berdiam di rumah, tidak bepergian baik untuk bekerja, rekreasi dan kegiatan ekstra lain di luar rumah. Konsekwensinya, semua kebutuhan diantaranya makan dan minum semuanya disiapkan di rumah.

Kondisi ini kata Sabaruddin, Senior Advisor City Gas Sales & Costumer Management Perusahaan Gas Negara,Tbk, ikut mempengaruhi penggunaan gas rumah tangga. “Pandemi Covid-19, ikut mempengaruhi kebutuhan gas rumah tangga karena aktivitas memasak bertambah dibandingkan di masa normal,”tutur Sabaruddin dalam seminar dalam rangka HUT Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) ke-60, Selasa (24/8), yang diselenggarakan secara virtual.

Sabaruddin yang bicara tentang “Membuat Gas Bumi Untuk Rumah Tangga Lebih Mudah Dan Murah” mengaku, sejauh ini perusahaan belum mampu memenuhi kebutuhan masyarakat akan gas bumi secara maksimal. Tercatat hingga semester I-2021, Perusahaan Gas Negara baru bisa melayani 550 ribu pelanggan. Jumlah ini total termasuk industri, komersial dan rumah tangga. Maksudnya kebutuhan rumah tangga dan industri baru terlayani, dengan panjang pipa gas yang terhubung 10.000 km, tersebar di 63 kota/kabupaten se Indonesia.

“Kebutuhan gas rumah tangga yang terlayani, sekitar 10 persen,”akunya seraya menambahkan jumlah ini masih sangat kecil dibanding kebutuhan.

Namun kata Sabaruddin, walaupun pelayanan dan persediaan gas bumi masih terbatas tapi tetap dinanti, di rumah tangga. Karenanya untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, kini pihak Gas Negara terus meningkatkan layanan kepada masyarakat, diantara mengembangkan jaringan gas atau Jargas, dengan CNG transport yang menyasar cluster pelanggan sektor rumah tangga dan pelanggan kecil.

Juga tambah Sabaruddin, PNG juga menyediakan terminal LNG di Lampung dan Jakarta, juga penyediaan LNG untuk wilayah di luar jaringan pipa serta SPBG di 12 kota/kabupaten di Indonesia.

Menjawab pertanyaan Sabaruddin mengatakan, pihak PGN saat ini terus meningkatan pelayanan penyediaan gas. Seperti yang ditargetkan, hingga 2024 pihaknya akan menambah 4 juta pelanggan baru. Penambahan ini akan dilakukan secara bertahap, mulai 2021 ini dengan menyasar cluster-cluster rumah tangga.

Merajut Kebersamaan

Sebelumnya Ketua Umum IKWI, Indah Kirana mengatakan, peringatan HUT IKWI yang ke-60 ini pihaknya lebih mengfokuskan bagaimana mengedukasi keluarga pers, khususnya IKWI untuk mengembangkan kehidupan yang lebih berkualitas. Diantaranya melalui seminar, sesuai dengan tema seminar, yaitu “Merajut Masa Depan yang Berkualitas”. Tema ini sengaja diangkat, untuk menjadi catatan kritis dan implementatif dalam mengeksekusi program-progam kerja ke depan, Terutama dalam menyiapkan para pengurus yang berkompeten menuju organisasi yang berkualitas, sebagaimana di tuangkan dalam misi organisasi.

Ulang Tahun yang didukung oleh PT Pegadaian Indonesia (Persero), PT Bank Danamon Syariah Unit Usaha Syariah (Danamon Syariah) , dan Perusahaan Gas Negara (PGN), JPNN.com, Ayu Media Network dan PT TIKI Jalur Nugraha Ekakurir (JNE Express) menggelar seminar nasional dengan tema “Merajut Masa Depan yang Berkualitas, yang dilaksanakan secara sederhana melalui System Hybrid, dari Gedung Dewan Pers, Lt. 4 , diikuti oleh seluruh anggota IKWI Pusat dan Daerah dari seluruh Provinsi di Indonesia melalui virtual zoom, Selasa (24/8).

Dikatakan, kesederhanaan pelaksanaan perayaan secara virtual ini, kiranya tidak mengurangi makna dari peringatan hari ulang tahun, yaitu mensyukuri perjalanan IKWI selama ini hingga menjadi organisasi kemasyarakatan yang mandiri dan handal. Sekaligus, melakukan perenungan dan refleksi atas capaian kita selama ini, sebagai bahan evaluasi dalam melanjutkan upaya kita menjadikan IKWI yang lebih baik.

Hal senada dan apresiasi HUT IKWI ke-60, Pembina IKWI yang juga Ketua Umum PWI, Atal S Depari mengatakan, seyogyanya peringatan HUT IKWI dilaksanakan pada 19 Juli 2021 sesuai pengukuhan pada 2961. Namun baru digelar hari ini, tanggal 24 Agustus 2021, karena kondisi pandemi Covid-19 dan diterapkannya PPKM. “Saya sangat sangat mengapresiasi kegiatan HUT IKWI, yang dengan semangat kebersamaan dilaksanakan secara masional, meski hanya secara virtual,”tutur Atal S Depari.

Kegiatan milad IKWI yang menggelar seminar, semakin meriah dengan tampilnya Anwar Yusup Kepala Departemen Produk Pegadaian Syariah, yang bicara tentang “Menabung Emas Secara Syariah”.

Dalam kesempatan tersebut Anwar mengajak, para ibu rumah tangga dalam hal ini IKWI, untuk berinvestasi dengan emas secara yang kini menjadi produk andalan PT Pegadaian. Sebab, dalam kondisi ekonomi yang fluktuatif, emas merupakan solusi teraman dalam berinvestasi.

Alasannya kata Anwar, selain emas mudah diuangkan atau dicairkan (dijual) dibanding investasi lain, tanah dan rumah misalnya. Juga harganya, meski terjadi inflasi tapi harga jual tetap bertahan di tingkat wajar atau naik dan memberikan nilai tambah yang menguntungkan pemilik.

Dikatakan, di era pandemi Covid-19 tabungan emas syariah menjadi sangat menarik. Di sini tidak ada riba, karena fluktuasi bergerak sesuai perkembangan pasar. Dalam hal ini, menabung emas syariah di Pegadaian bisa dicicil. Istilahnya investasi emas dengan tabungan syariah, meeypakan bagian dari layanan penitipan saldo nasabah.

Untuk tabungan emas syariah ini menurut Anwar, merupakan investasi yang diberikan kepada nasabah dengan segala kemudahan. Seperti pengembangan tabungan emas syariah kedalam instrumen investasi online, yang mudah untuk diakses para nasabah. Layanan online tabungan emas syariah ini memungkinkan nasabah melakukan investasi emas secara mudah, murah, aman dan terpercaya.

“Tabungan Emas Syariah, yang diluncurkan Pegadaian pada 2015 ini diawasi penuh Dewan Syariah Nasional (DPS) MUI, sehingga dijamin sesuai syariat Islam, sesuai Fatwa DPS. Juga sudah disetujui Otoritas Jasa Keuangan (OJK),” tutur Anwar yang mengakhir dengan mengucapkan selamat untuk HUT IKWI ke-60.

Dalam acara HUT, juga dilakukan pemotongan tumpeng disaksikan bersama dari Pengurus Pusat IKWI, Pengurus IKWI Provinsi dan seluruh anggota IKWI se-Nusantara. Pada acara Milad IKWI ini juga diumumkan para Pemenang IKWI Award, Pengumuman Lomba menulis dan juga acara Milad ini sebagai ajang Silaturahmi Nasional IKWI Nusantara untuk saling bertegur sapa secara virtual. (Rabiatun)

Related posts