Pertamina Kolaborasi, Tandatangani Perjanjian Induk antara PT Pelindo I dan PT PTK Perkuat Industri Maritim Indonesia

  • Whatsapp
Direktur Utama PT PTK Nepos MT Pakpahan dan Direktur Utama PT Pelindo I Prasetyo usai meneken MoU Induk mendorong perkuatan industri maritim nasional

JAKARTA-MARITIM : PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) menandatangani Perjanjian Induk dengan PT Pelabuhan Indonesia I (Pelindo I) dalam layanan bisnis pelayaran, kepelabuhanan, dan logistik. Dilandasi oleh semangat sinergi BUMN, perjanjian kerja sama yang ditandatangani pada tanggal 28 September 2021 ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dunia kemaritiman Indonesia melalui aliansi perusahaan industri sejenis.

Optimalisasi kegiatan usaha eksisting PTK akan dilakukan selama lima tahun kedepan. Beberapa di antaranya yaitu pengembangan Shore Base Kabil Batam, Oil Spill Response, Jasa Marine (Pandu dan Tunda), Ship Chandler, Utilisasi Tug Boat dan Mooring Boat, Bunkering, Dredging, Agency, Mooring – Unmooring, Waste Management Services, Underwater Services, Pengembangan bisnis di Nipa (Selat Malaka), Fresh Water Supply, Penyediaan BBM, dan Crew Change.

Read More

Acara penandatanganan kerja sama yang bertempat di Kantor PTK Pusat dihadiri oleh Direktur Utama PTK, Nepos MT Pakpahan; Direktur Utama PT Pelindo I, Prasetyo; Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis PT Pelindo I, Djoko Noerhudha; Direktur Pemasaran PTK, Arsono Kuswardanu; Direktur Keuangan dan SDM PTK, Afan Aftory; Direktur Operasi PTK, Hadi Purnomo; serta tim manajemen dari PT Pelindo I dan PTK. Demikian keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (1/10/21).

“Saya kira ini bagian dari sejarah. Meskipun kita di lapangan sama-sama mengelola bisnis yang banyak interception-nya, namun kita dapat bersinergi untuk menjadi lebih baik,” ujar Direktur Utama PTK, Nepos MT Pakpahan dalam pidato sambutannya. “Kami percaya bahwa kerjasama ini akan membawa PTK dan Pelindo menjadi lebih kuat lagi dalam menjalankan bisnis ini, dan tentunya memberikan kontribusi yang significant kepada masing-masing”

“Indonesia itu negara kepulauan. Wilayah perairan kita juga besar. Ini yang harus kita sadari bahwa kejayaan marine business kita itu harus segera kita tingkatkan,” ucap Direktur Utama PT Pelindo I, Prasetyo. “Kerja sama ini merupakan lompatan yang cukup besar, harapannya kerja sama ini nantinya tidak hanya di wilayah Pelindo I saja tetapi di seluruh Indonesia.”

Evaluasi skema kerjasama akan terus dilakukan dengan harapan sinergi dan kolaborasi ini dapat segera diimplementasikan, berlanjut, serta meningkatkan potensi kerja sama pada bisnis lainnya. Dengan adanya perjanjian kerja sama ini diharapkan akan memberi kontribusi kepada bisnis PTK dan dapat memperkuat PTK dan Pelindo I untuk tumbuh bersama. (Muhammad Raya)

 

Related posts