Direktorat Jenderal Hubla, Kini Punya 11 UPT Berpredikat Wilayah Bebas Korupsi

  • Whatsapp

JAKARTA–MARITIM : Sejak 2018 hingga 2021 banyak 10 dari 11 Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, hasil penilaian tim Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) berhasil meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) tahun 2021.

Sementara satu UPT di tahun 2019 yaitu Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok berhasil mendapatkan predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), serta menjadi UPT pertama di lingkungan Kementerian Perhubungan yang mendapatkan predikat WBBM.

Read More

Dari 10 UPT itu, empat susulan dari 6 UPT sebelumnya.Keempat UPT tersebut adalah Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak, Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok, Distrik Navigasi Kelas I Belawan dan Distrik Navigasi Kelas I Dumai.

“Dengan tambahan empat UPT yang berpredikat Zona Integritas Menuju WBK, maka total ada 10 UPT yang telah meraih predikat WBK dan 1 UPT yang meraih WBBM. Semoga dapat dipertahankan dan ditingkatkan lagi di tahun 2022. Yang masih WBK ditingkatkan menjadi WBBM dan yang sudah WBBM agar dapat terus dipertahankan,” jelas Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Arif Toha, Senin(20/12) di Jakarta.

Arif berharap, agar UPT yang telah mendapatkan predikat WBK/WBBM dapat menjadi acuan atau benchmarking bagi UPT lain dalam mewujudkan Zona Integritas Menuju WBK.

Pada kesempatan ini, Sesdit Arif juga menyampaikan apresiasi kepada keempat UPT yang telah berhasil meraih WBK di tahun 2021 ini.

“Kami mengapresiasi kepada 4 (empat) UPT di lingkungan Ditjen Hubla yang telah berhasil mendapatkan predikat ZI WBK sebagai wilayah birokrasi yang bersih dan melayani. Ini merupakan langkah awal dalam penataan sistem penyelenggaran pemerintah yang baik melalui reformasi birokrasi. Semoga capaian ini dapat menginspirasi dan mendorong unit kerja lainnya untuk mewujudkan ZI WBK,” tutur Arif.

Sebagai informasi, Senin (20/12), sebanyak 17 UPT di lingkungan Kementerian Perhubungan, empat diantaranya adalah UPT di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut berhasil mendapatkan penghargaan pembangunan Zona Integritas 2021 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) yang diserahkan secara virtual oleh Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin, di Jakarta.

Adapun Zona integritas merupakan predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi / Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBK/WBBM) dalam rangka mewujudkan reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Dikatakan, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut terus melakukan pembinaan kepada seluruh unit kerja untuk terus melakukan manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Berikut hasil lengkap UPT di lingkungan Ditjen Perhubungan Laut yang telah meraih WBK/WBBM untuk kurun waktu tahun 2018 – 2021 sebagai berikut:

2018 : WBK yaitu Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok.

2019 : WBBM yaitu Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok.

WBK yaitu Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak, Otoritas Pelabuhan Utama Belawan, Distrik Navigasi Kelas I Surabaya, Balai Kesehatan Kerja Pelayaran.

2020: WBK yaitu Distrik Navigasi Kelas I Makassar , Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Gresik.

2021:  WBK yaitu Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak, Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok, Distrik Navigasi Kelas I Dumai, Distrik Navigasi Kelas I Belawan. (Rabiatun)

Related posts