Kemnaker-Kemendes PDT Bantu Listrik Tenaga Surya di Distrik Klayili, Sorong

  • Whatsapp

SORONG-MARITIM: Kementerian Ketenagakerjaan bekerjasama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDT) telah menyalurkan bantuan berupa panel surya 10.000 Watt dari Tatung Company Taiwan kepada Kabupaten Sorong, Papua Barat. Serah terima bantuan listrik tenaga surya dilakukan secara simbolik di Sorong menggunakan daring dan luring, belum lama ini.

Dalam kesempatan itu, Bupati Kabupaten Sorong Johny Kamuru menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas komitmen pemerintah pusat untuk memberikan pasokan listrik ke Distrik Klayili, Kabupaten Sorong.

Bupati menilai program ini berjalan dengan baik karena komitmen kita bersama, terutama komitmen pemerintah pusat. “Kalau program yang sama ada lagi ke depan, dengan senang hati kami akan menerimanya karena program itu sangat membantu masyarakat,” ujar Johny Kamuru.

Program bantuan Kemnaker ini merupakan bagian dari pembangunan kesejahteraan yang komperhensif dan sinergis, dengan meningkatkan kemampuan SDM lokal untuk peningkatan produktivitas masyarakat, khususnya dalam pemanfaatan energi terbarukan.

Panel surya tersebut akan ditempatkan di Distrik Klayili, daerah yang belum tersentuh listrik. Sebelumnya, sebanyak 10 pemuda Distrik Klayili sudah diberi pelatihan secara berkala untuk pemasangan dan perawatan solar panel di BLK Sorong yang dikelola Kemnaker. Distrik Klayili kini telah ‘menyala’ setelah bantuan tersebut diserahkan.

Astri Christafilia Litha sebagai koordinator kerjasama, kelembagaan dan promosi peningkatan produktivitas yang menangani program ini menambahkan, program terseebut adalah satu dari sejumlah kolaborasi penting sejumlah pihak dalam dan luar negeri, dimana Indonesia adalah salah satu negara anggota APO. Kerjasama ini akan membuat masyarakat Distrik Klayili membuktikan bahwa pembangunan desa dapat dilakukan secara efektif dan efisien.

“Mereka akan menikmati hasilnya, produktivitas meningkat, maka desa akan maju,” ujarnya. (Purwanto).

Related posts