Peringati Hari Ibu Nasional, Tim Kolaborasi TJSL IDSurvey Lakukan Bakti Sosial dan Penyuluhan Kesehatan Ibu dan Anak di Sejumlah Titik di Jakarta

  • Whatsapp

Jakarta – Maritim :  Tim Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) IDSurvey atau Holding BUMN Jasa Survei yang terdiri dari PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero), PT SUCOFINDO, dan PT Surveyor Indonesia bersama SRIKANDI IDSurvey mengadakan kegiatan di sejumlah titik di Jakarta dalam rangka menyambut Hari Ibu tahun 2021 bertemakan “Ibu Tangguh, Keluarga Tumbuh” (22/12).

Tema yang diusung dalam acara ini menggambarkan sosok ibu erat kaitannya dengan sebuah tanggung jawab besar yakni pemenuhan gizi keluarga tanpa mengecilkan peran perempuan pada sektor publik. Status seorang Ibu yang mengurus keluarga cenderung memunculkan stigma domestikasi peran perempuan padahal sebaliknya, justru adalah kunci terbentuknya fondasi yang kuat bagi pemenuhan gizi sekaligus pendidikan anak terutama pada usia dini mereka.

Read More

TJSL BKI melakukan penyuluhan tentang pentingnya memperhatikan pertumbuhan dan pemberian gizi bayi sehat serta menyalurkan 100 paket bingkisan berupa makanan balita, biskuit, susu, minyak goreng, gula dan vitamin kepada warga di Kelurahan Kebon Bawang, Kecamatan Tanjung Priok Jakarta Utara yang diserahkan oleh Manajer TJSL BKI Endah Mustika dan Srikandi BKI.

“Hari Ibu ideal pula dimaknai dengan memperhatikan kembali dan mendukung pentingnya peran ibu dalam keluarga sebagai sosok yang berkontribusi besar bagi pemenuhan gizi anak. Perhatian besar bagi pemenuhan gizi anak menjadi pekerjaan rumah tersendiri yang kerap diabaikan di tengah berbagai persoalan yang muncul di tengah pandemi. Padahal edukasi gizi untuk anak usia dini menjadi kunci menekan hilangnya generasi emas sebagai dampak tak terduga pandemi COVID-19,” ujar Willy Hardian selaku Lurah Kebon Bawang pada sambutannya.

Turut hadir perwakilan dari Sekretaris Perusahaan BKI yang mengapresiasi antusiasme warga dalam acara tersebut. “Pada peringatan Hari Ibu Nasional tahun 2021 ini, saya mewakili segenap panitia mengucapkan terima kasih kepada para tamu yang hadir untuk hadir dan memeriahkan kegiatan Hari Ibu. Sebagaimana yang kita ketahui bersama, Hari Ibu sebenarnya berlangsung setiap saat karena kebaktian kepada Bunda adalah kewajiban tiap-tiap anak.

Maka dari itulah, kegiatan kita hari ini bisa dijadikan sebagai momentum sekaligus titik balik dalam meningkatkan kebaktian kepada Ibu maupun Ayah,” ungkap Erry S Djayus selaku perwakilan dari BKI.

Di waktu yang bersamaan PT SUCOFINDO melakukan kegiatan penyuluhan kesehatan ibu dan anak berusia di bawah 5 tahun (balita) sehingga dapat memberikan pengetahuan bagi ibu-ibu dalam mencegah kekurangan gizi pada balita (stunting).

Dalam kegiatan ini SUCOFINDO juga memberikan bantuan tambahan makanan untuk balita serta 170 paket bahan kebutuhan pokok untuk mendukung perbaikan gizi ibu dan anak. Penyuluhan kesehatan ini diikuti oleh ibu dan balita dari Kelurahan Pancoran, Jakarta Selatan.

Kepala Divisi Pengembangan Bisnis Korporat PT SUCOFINDO, Susetiorini Adiningsih menyampaikan bahwa, “Perbaikan gizi keluarga ini sangat penting. Oleh sebab itu, SUCOFINDO mendukung program Pemerintah dalam peningkatan gizi ibu dan anak melalui penyuluhan kesehatan.”

Menurutnya, kegiatan SUCOFINDO selaras dengan imbauan Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan gizi keluarga. “SUCOFINDO mengucapkan terima kasih atas kerja sama dengan Kelurahan Pancoran dan Tim Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kelurahan Pancoran dalam kegiatan penyuluhan kesehatan, pemberian bantuan makanan balita serta bahan kebutuhan pokok untuk keluarga.”

Dalam kesempatan yang sama, Nuri Hidayat, Kepala Unit Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT SUCOFINDO menjelaskan bahwa, kegiatan penyuluhan kesehatan ibu dan balita kali ini juga sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDG’s) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) Nomor 3, yaitu Kehidupan Sehat dan Sejahtera.

“Kegiatan penyuluhan kesehatan ini untuk memperhatikan kesehatan dan kecukupan gizi pada ibu dan balita.”

Dalam waktu yang bersamaan PT Surveyor Indonesia mengadakan kegiatan bantuan sosial berupa pemberian tambahan makanan bergizi bagi balita, penyuluhan gizi di usia balita, dan pemberian paket sembako untuk warga sekitar yang telah mengikuti penyuluhan. Paket sembako dan multivitamin masing-masing sebanyak 200 paket yang secara simbolis diserahkan secara langsung oleh Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT Surveyor Indonesia, Rosmanidar Zulkifli kepada Lurah Setiabudi, Kiki M.Akbar. Bertepatan di hari dan lokasi yang sama Surveyor Indonesia menyelenggarakan program Kampung Pangan Sehat Surveyor Indonesia dengan memberikan penyuluhan terkait tanaman Hidroponik kepada warga RW 05 Kelurahan Karet, Setiabudi.

Kampung pangan sehat ini merupakan pemberdayaan sosial yang bertujuan untuk memandirikan masyarakat dalam bentuk gotong royong. Konsep gotong royongnya sendiri melalui kegiatan hidroponik yang dilakukan oleh warga setempat kemudian hasil dari tanaman hidroponik tersebut dikelola oleh warga setempat dan manfaatnya juga diterima oleh warga itu sendiri.

Kegiatan ini sebagai bentuk ketahanan pangan masyarakat setempat dan upaya untuk meningkatkan imunitas masyarakat dengan mengkonsumsi sayur sehat dan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan melalui produksi pangan sehat terutama di masa pandemi seperti saat ini. “Melalui program pemberian paket pangan sehat,multivitamin dan paket Hidroponik Surveyor Indonesia mendukung program SDG’s dalam upaya mengakhiri kelaparan, meningkatkan kesehatan serta kesejahteraan yang baik untuk masyarakat,” Ujar Rosmanidar dalam sambutannya.

Diharapkan di perayaan hari ibu ini bisa membantu masyarakat yang membutuhkan terutama untuk para ibu sebagai pilar kuat dalam keluarga dan generasi mendatang. (Hbb)

 

Related posts