Cegah Kecelakaan dan Penyakit Akibat Kerja, K3 Harus Jadi Budaya Kerja

  • Whatsapp

BEKASI-MARITIM: Indonesia kembali memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional pada 12 Januari – 12 Februari 2022, dengan tema “Penerapan budaya K3 pada setiap kegiatan usaha guna mendukung perlindungan tenaga kerja di era digitalisasi.” Peringatan tahun ini ditandai dengan pencanangan Bulan K3 Nasional oleh Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah di Kawasan MM2100 Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (12/01/2022).

Menaker dalam pidatonya mengatakan, kebijakan penerapan K3 di tempat kerja telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja dan Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2012 tentang Penerapan Sistem Manajemen K3 (SMK3) beserta peraturan pelaksanaannya.

Read More

Lebih lanjut, Menaker Ida menyatakan, sebagai pemegang kebijakan nasional di bidang K3 dirinya bersama para pemangku kepentingan lainnya telah melakukan berbagai upaya untuk mendorong pelaksanaan K3 melalui berbagai kegiatan. Antara lain kampanye, seminar, lokakarya, konvensi, pembinaan dan peningkatan kompetensi personil K3, pembentukan dan pemberdayaan lembaga-lembaga K3 dari tingkat nasional sampai tingkat perusahaan, pemberian penghargaan K3, dan berbagai perbaikan sistem K3 secara berkelanjutan.

“Pelaksanaan K3 tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi juga tanggung jawab semua pihak, khususnya masyarakat industri. Dengan demikian semua pihak terkait wajib berperan aktif sesuai fungsi dan kewenangannya untuk melakukan berbagai upaya di bidang K3 secara terus menerus dan berkesinambungan. Serta menjadikan K3 sebagai bagian dari budaya kerja, sehingga dapat mencegah kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja,” tegasnya.

Dalam rangka penguatan budaya K3, Menaker mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai upaya. Di antaranya Program K3 Nasional 2021 – 2025 sebagai pedoman dalam meningkatkan kualitas pencegahan, penanganan, dan pengendalian kecelakaan kerja pada seluruh sektor.

Melakukan reformasi pengawasan ketenagakerjaan meliputi pembaharuan pendekatan dalam pembinaan dan pelayanan publik menggunakan platform TEMAN K3. Serta penguatan kualitas pengawas ketenagakerjaan dalam merespon kerja masa depan dengan penggunaan artificial intelligence, robot, dan digital platform.

Sebagai Ketua Menteri Ketenagakerjaan ASEAN, Ida Fauziyah juga merasa perlu untuk terus meningkatkan jejaring dan kerja sama dengan stakeholder baik di dalam dan luar negeri.

Rangkaian peringatan Bulan K3 Tahun 2022 dilaksanakan dengan berbagai acara, seperti sepeda sehat bersama, senam pekerja sehat, atraksi K3 penanggulangan kebakaran dan simulasi evakuasi.

Dalam kesempatan itu, Menaker juga melakukan kunjungan ke perusahaan di Kawasan Industri MM2100, Cibitung, Kabupaten Bekasi, yaitu PT. Astra Honda Motor dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Mitra Industri MM2100. Pelaksanaan rangkaian acara tersebut dilakukan dengan protokol kesehatan.

Peringatan Bulan K3 Nasional 2022 juga dilaksanakan serentak oleh semua provinsi dan perusahaan di seluruh Indonesia. Panduannya tertuang dalam Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 202 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Bulan K3 Nasional Tahun 2022. (Purwanto).

 

Related posts