Diluncurkan, Kemnaker Corporate University Untuk Wujudkan SDM Unggul

  • Whatsapp

JAKARTA=MARITIM: Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah secara resmi meluncurkan ‘Kemnaker Corporate University’ (Corpu) pada Rabu (19/1/2022) di Jakarta. Kemnaker Corpu merupakan wadah untuk mengembangkan kompetensi SDM Aparat Sipil Negara di lingkungan Kemnaker.

Menaker dalam sambutannya mengatakan, Kemnaker Corpu dibentuk berlandaskan Visi Presiden RI dan Sembilan Lompatan Besar Kementerian Ketenagakerjaan, di antaranya sebagai wujud implementasi visi “Pembangunan Nasional dan SDM Unggul Indonesia Maju”.

Read More

“Kemnaker Corpu akan berkontribusi dalam mewujudkan SDM Aparatur Ketenagakerjaan yang lebih cerdas, lebih unggul, dan berdaya saing tinggi dalam rangka memberikan pelayanan yang bermutu,” tegasnya.

Menurut Menaker, sebagai implementasi Sembilan Lompatan Besar Kementerian Ketenagakerjaan, Kemnaker Corpu telah mewujudkan reformasi birokrasi manajemen SDM. Khususnya dalam pengembangan kompetensi melalui sistem pembelajaran terintegrasi yang melibatkan setiap unsur dalam unit kerja.

“Ketika kita sudah memiliki corporate university di kementerian kita, setiap pejabat pimpinan tinggi harus bertanggung jawab terhadap proses pembelajaran sebagai bagian pengembangan kompetensi SDM di unit kerjanya,” ucapnya.

Ia juga meminta pejabat pimpinan tinggi madya untuk bersinergi dan berkolaborasi secara aktif agar pentingnya pengembangan kompetensi SDM semakin dapat dirasakan oleh seluruh pegawai Kemnaker dan masyarakat sebagai pengguna layanan.

Pada kesempatan tersebut, ia memberikan apresiasi kepada Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan bersama tim yang telah berupaya melakukan transformasi dengan berinovasi dalam pengembangan kompetensi SDM ketenagakerjaan melalui pembentukan Kemnaker Corpu.

 

Alat Stratgis

Dalam kesempatan itu, Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi menyatakan, Kemnaker Corporate University (Corpu) merupakan alat strategis kementerian untuk mencetak SDM Aparatur Ketenagakerjaan yang kompeten, profesional, dan berkarakter dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Ibarat membangun rumah, kata Sekjen, Kemnaker Corpu membutuhkan pondasi yang kokoh dan pilar yang kuat. Pondasi yang menjadi dasar Kemnaker Corpu ini yaitu pola tata kelola implementasi Kemnaker Corpu dan strategi pengembangan kompetensi sumber daya manusia yang terbentuk dalam tata kelola strategi pembelajaran.

“Tata kelola inilah yang menjadi penggerak dari proses berjalannya Kemnaker Corpu,” ucapnya.

Menurut Anwar, Kemnaker Corpu akan dilaksanakan oleh Pusat Pengembangan SDM (PPSDM) Ketenagakerjaan dengan melibatkan seluruh unit eselon I.

“PPSDM dengan seluruh unit eselon I tersebut akan bersinergi, berkolaborasi, dan bertanggung jawab bersama mewujudkan Kemnaker sebagai organisasi pembelajar melalui link and match antara nilai-nilai Kemnaker, pendidikan, pembelajaran yang relevan, aplikatif, mudah diakses, dan berdampak nyata dengan target kinerja yang didukung oleh Knowledge Management System (KMS) dan Learning Management System (LMS) yang selalu dimutakhirkan,” ujarnya. (Purwanto).

 

 

Related posts