Tingkatkan Kinerja, Kemnaker Gelar Istigasah Kebangsaan

  • Whatsapp
Menaker didampingi Sekjen dan pejabat lainnya foto bersama dengan para kyai dalam Istigasah Kebangsaan 2023 di Kemnaker.

JAKARTA-MARITIM: Mengawali tahun 2023, Kementerian Ketenagakerjaan menggelar Istigasah Kebangsaan yang diselenggarakan oleh Badan Pembina Rohani Kemnaker di Jakarta, Senin (9/1/2023). Acara doa bersama dan resolusi Kemnaker 2023 bertema ‘Bekerja lebih cerdas, efektif dan kolaboratif untuk bangkit dan pulih bersama’ digelar agar amanah pembangunan ketenagakerjaan di tahun 2023 berjalan dengan baik dan diridai Allah SWT.

“Sebagai mahluk yang beriman, kita semua tentunya mengetahui bahwa resolusi-resolusi ini tidak akan berjalan dengan baik tanpa ridho Allah SWT. Manusia hanyalah ‘pena yang sangat kecil’ bagi Allah dalam menuliskan garis kehidupan di dunia ini,” ujar Menaker Ida Fauziyah dalam sambutannya di ruang Serbaguna Kemnaker.

Read More

Menaker mengajak ASN Kemnaker untuk memohon ampunan dan pertolongan Allah SWT agar mampu melaksanakan berbagai resolusi tersebut sebaik-baiknya. “Kita beristigasah melalui bacaan-bacaan tahlil, tasbih, tahmid dan takbir, agar ‘perahu’ Kemnaker diberikan kekuatan oleh Allah SWT dalam mengarungi samudera di tahun 2023,” katanya.

Dalam hal tata kelola internal, Ida Fauziyah meminta seluruh ASN Kemnaker untuk melakukan lima hal. Pertama, memperkuat tata kelola keuangan sehingga bisa mewujudkan tata kelola yang baik yang mencerminkan efektifitas, efisiensi, dan akuntabilitas. Kedua, memperkuat akuntabilitas kinerja dengan mengintegrasikan antara kinerja individu dan organisasi, yang mana hal ini kemudian menjadi dasar bagi pemberian tunjangan kinerja.  

Ketiga, memperkuat proses administrasi penyusunan regulasi Kemnaker secara digital. Keempat, memperkuat tata kelola asset dengan melakukan percepatan terhadap berbagai pengelolaan asset yang masih belum selesai dan juga perlu dipikirkan untuk mengasuransikan aset-aset Kemnaker sehingga akan bisa meminimalkan resiko. Kelima, memasifkan sosialisasi program dan kegiatan Kemnaker yang terkoordinasi secara baik dan efektif.

Pada kesempatan itu, Sekjen Anwar Sanusi selaku penanggung jawab kegiatan mengatakan, doa bersama dan resolusi Kemnaker 2023 ini untuk memberi motivasi bagi seluruh ASN di lingkungan Kemnaker untuk meningkatkan kinerja dan kualitas kerja dalam melaksanakan program di tahun 2023.

“Doa bersama dan resolusi Kemnaker 2023 ini dalam rangka untuk memohon perlindungan dan pertolongan Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, agar dalam melaksanakan seluruh tugas dan tanggung jawab kami sebagai pegawai di Kemnaker senantiasa dalam ridha dan pertolongan Allah Yang Maha Kuasa. Amin,” ujarnya.

Tausiah istigasah kebangsaan disampaikan oleh Habib Umar Muthohar. Sedangkan zikir dan doa bersama dipimpin oleh KH Manarul Hidayat, Pimpinan Pondok Pesantren Al Mahbubiyah dan dilanjutkan oleh KH Hilmy Al-Faruqi, Pimpinan Ponpes Tahfidz Alquran Zawiyah. (Purwanto).

Related posts