Rapimkota III Tahun 2023 Dibuka Walikota Jakut, Minta Kadin Kota Jakut Mampu Menjembatani Pelaku UMKM

JAKARTA-MARITIM : Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Jakarta Utara (Jakut) menggelar Rapat Pimpinan Kota (Rapimkota) III Tahun 2023 Kadin Kota Jakut kepengurusan masa bakti 2020-2025, yang berlangsung di lantai 14 Ruang Bahari Kantor Walikota Jakut, Kamis (22/2).

Acara Rapimkota III Tahun 2023 Kadin Kota Jakut dihadiri sekitar 150 orang terdiri para peserta dan peninjau serta undangan dan berlangsung 1 hari penuh. Mengambil tema ‘Optimalisasi UMKM dalam rangka Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi’ dan subtema ‘Bangkitnya Ekonomi dengan Pengembangan dan Pembinaan UMKM Jakarta Utara melalui Digital dan Teknologi di Masa Endemi.

Read More

Secara keseluruhan acara Rapimkota III Tahun 2023 Kadin Kota Jakut ini berjalan aman, lancar dan sukses. Mengingat didukung oleh puluhan sponsorship yang berdomisili di wilayah Jakarta Utara ditambah perhelatannya dibuka secara resmi oleh Walikota Jakut, Dr Ali Maulana Hakim SIP MSi.

Kelancaran dan sukses acara juga karena kehadiran Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) Laksda TNI Yayan Sofiyan, Ketua Umum Kadin DKI Jakarta, Hj Diana Dewi dan Ketua Kadin Kota Jakarta Utara, Dr H Sungkono AlI MBA MM MSc.

Sebelumnya, Ir Raden Nursyamsu MT IPU Asean Eng, sebagai Ketua Pelaksana (OC) Rapimkota III Tahun 2023, menyampaikan laporannya. Tampak hadir pula Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Ir Subagyo MT.

Pada kesempatan itu dilakukan pula penandatanganan MoU antara PT Jarivis dan BPJS Ketenagakerjaan serta Sudin UMKM Pemko Jakut dengan Kadin Kota Jakut serta diadakan dialog interaktif soal Sosialisasi AD/ART Kadin terkait terbitnya Keppres Nomor 18 Tahun 2022 dipimpin oleh Wakil Ketua Umum Bidang Keorganisasian Kadin DKI Jakarta, Ir Hotlan Panjaitan.

Rapimkota III Tahun 2023 diakhiri dengan pemberian cenderamata dan foto bersama serta diselingi pembagian doorpize.

Saat memberikan sambutan, Ketua Kadin Kota Jakut, Sungkono Ali, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya serta terima kasih banyak pada berbagai pihak dan instansi yang telah mendukung acara. Sekaligus dapat memenuhi undangan pada Rapimkota III Tahun 2023 Kadin Kota Jakut khususnya pada Walikota Jakut bersama Forkopimko, Pangkolinlamil, OP Tanjung Priok dan instansi Pelabuhan Tanjung Priok, Ketua Umum Kadin DKI Jakarta dan teman-teman Ketua Kadin Kota se-DKI Jakarta.

“Rapimkota III Tahun 2023 ini akan membahas laporan program kerja dan anggaran tahun 2022 serta rencana program kerja dan anggaran tahun 2023 dengan tetap fokus pemberdayaan UMKM di wilayah Jakut,” jelas Sungkono.

Sedangkan Ketua Umum Kadin DKI Jakarta, Hj Diana Dewi, saat memberikan sambutan mengatakan Rapimkota III Tahun 2023 Kadin Kota Jakut merupakan amanat Anggaran Dasar Kadin pasal 30 sesuai Keppres No 18/2022 tentang Persetujuan Perubahan AD/ART Kadin.

Menurutnya, dampak dari pandemi, banyak usaha kecil maupun menengah berlomba-lomba melakukan digitalisasi usaha. Artinya, mengikuti teknologi yang semakin hari semakin canggih. Sehingga banyak pelaku UMKM mengembangkan usahanya masing-masing menggunakan teknologi berbasis internet dan membuat website untuk melakukan digital marketing.

“Kami menyambung baik tema Rapimkota III Tahun 2023 ini, namun perlu ada sinergi bersama seluruh pemangku kepentingan, sehingga proses pengembangan dan pembinaan UMKM dapat berjalan lebih efektif dan efisien,” pinta Diana Dewi.

Sedangkan Walikota Jakut, Ali Maulana Hakim, menilai Kadin Kota Jakut adalah mitra strategis yang harus saling bersinergi dalam memajukan kota Jakut untuk terwujudnya sukses Jakarta untuk Indonesia.

“Saya merasa bangga dengan Kadin Kota Jakut, bahwa Rapimkota III tahun 2023 bisa mengimplementasikan program dari pemerintah provinsi DKI Jakarta dalam hal kolaborasi pada setiap program kerjanya,” ujarnya.

Maulana berharap, Kadin Kota Jakut mampu untuk menjembatani pelaku-pelaku UMKM dengan private sector yang ada di Jakut untuk bersama mendorong pemesanan melalui e-commerce yang ada. Kemudian bersama OP Tanjung Priok mendorong produk-produk pelaku UMKM Jakut agar dapat dikenal dan diterima oleh masyarakat.

“Karena Jakut telah melakukan pembinaan pada Jakpreneur sebanyak 44.836 UMKM yang aktif,” ungkap Walikota Jakut. (Muhammad Raya)

Related posts