MDF, Bahan Baku Furnitur Alternati Modern yang Menjanjikan

JAKARTA-MARITIM : Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu Kendal (Polifurneka) menyelenggarakan webinar yang mengangkat tema “MDF : A Sustainable Solution for Modern Living” pada Rabu (5/7/2023). Webinar ini dihadiri oleh mahasiswa, dosen, praktisi industri, pelaku bisnis, dan pecinta furnitur yang tertarik untuk mengeksplorasi potensi Medium Density Fiberboard (MDF) sebagai bahan baku yang menjanjikan untuk menciptakan furnitur modern yang inovatif dan berkelanjutan.

Webinar ini dimulai dengan sambutan dari Plt. Direktur Polifurneka, Emmy Suryandari, yang menjelaskan tujuan dari acara ini yaitu untuk mendiskusikan manfaat dan keunggulan MDF sebagai bahan baku alternatif dalam industri furnitur. Menghadirkan praktisi dalam bidang furnitur sebagai narasumber pada acara ini, di antaranya Merrijantij Punguan (Direktur Industri Hasil Hutan dan Perkebunan, Ditjen Industri Agro), Agung Budiono (Production Senior Manager, PT. Sumatera Prima Fiberboard), dan Nurmadina (Ketua Teaching Factory Polifurneka).

Read More

Para narasumber membagikan pengetahuan dan pengalaman mereka, serta menggambarkan inovasi terbaru dalam pemanfaatan MDF untuk menciptakan furnitur yang menarik dan berkelanjutan. Salah satu topik utama yang dibahas adalah kelebihan MDF sebagai bahan baku furnitur modern. Merrijantij mengatakan, MDF memiliki kepadatan yang seragam, kekuatan yang baik, dan kemampuan untuk diubah menjadi berbagai bentuk dan desain yang kreatif. Mereka juga menyoroti keberlanjutan MDF, dengan fokus pada penggunaan serat kayu yang diperbaharui secara teratur dalam produksinya.

Selain itu, para pembicara turut membahas tentang tantangan dan peluang dalam menggunakan MDF sebagai bahan baku utama. Mereka menggarisbawahi pentingnya pengolahan MDF yang tepat, termasuk teknik pengecatan, laminasi, dan perlindungan terhadap kelembaban. Diskusi juga mencakup penekanan pada inovasi desain, di mana MDF dapat memberikan fleksibilitas dalam menciptakan furnitur dengan pola dan tekstur yang beragam.

Webinar ini juga memberikan kesempatan bagi peserta untuk mengajukan pertanyaan kepada para pembicara. Para peserta dengan antusias memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan wawasan lebih lanjut tentang penggunaan MDF dalam industri furnitur modern.

Dalam rangkaian penutup acara, perwakilan Polifurneka menyampaikan terima kasih kepada semua pembicara dan peserta atas kontribusi mereka yang berharga. Mereka juga mengundang semua peserta untuk berkunjung ke showroom dan workshop Kampus Polifurneka, di mana mereka dapat melihat produk-produk furnitur inovatif yang menggunakan MDF sebagai bahan baku utama.

Webinar “Menggali Potensi MDF untuk Bahan Baku Alternatif Furnitur Modern” telah memberikan wawasan yang berharga bagi industri furnitur modern. Polifurneka berharap bahwa acara ini akan mendorong penggunaan MDF yang berkelanjutan dan memberikan inspirasi bagi para profesional dan pecinta furnitur untuk menciptakan desain yang inovatif. (Muhammad Raya)

Related posts