Tahun 2024, EPI Bakal Tambah 2 Alat OPS  di Priok

JAKARTA, MARITIM :  PT. EPI  (Energi Pelabuhan Indonesia)  bakal menambah 2 unit alat OPS (Onshore Power Supply) di Pelabuhan Priok, sebagai bagian untuk mengembangkan bisnis perusahaan yang berada di bawah SPJM (Subholding Pelindo Jasa Marine) PT Pelindo. Layanan Onshore Power Supply itu telah dimulai sejak tahun silam dengan 2 alat di Pelabuhan Priok, sebagai pilot project.

Rencana penambahan 2 alat OPS itu disampaikan oleh Sekretaris Perusahaan PT. EPI, Indriani Sari    pada acara Media Luncheon SPJM yang digelar Sabtu, 23 Desember 2023,dei Jakarta. “Saat ini masih 2 alat untuk Layanan Onshore Power Supply di Pelabuhan Priok, dan tahun 2024 kita rencanakan akan menambah 2 alat,” katanya.

Read More

Layanan OPS bagi kapal yang sedang sandar di pelabuhan  menggunakan fasilitas listrik darat (Onshore Power Supply/OPS) di pelabuhan yang telah memiliki fasilitas listrik darat dengan menyediakan standard connection listrik dan peralatan lain yang diperlukan untuk mengalirkan daya listrik dari fasilitas darat ke kapal secara aman dan memadai.

Bagi pelayaran, dengan menggunakan listrik dari OPS disebut-sebut akan lebih hemat yang sngat signifikan, daripada selama sandar menggunakan alat generator dari dalam kapal,

Lebih dari itu, Implementasi Onshore Power Supply merupakan salah satu langkah yang diambil oleh Indonesia dalam hal dekarbonisasi perkapalan. OPS juga telah menjadi salah satu aksi mitigasi perubahan iklim dari Transportasi Laut untuk mengurangi Gas Rumah Kaca (GRK) di sektor pelayaran yang telah dilaporkan capaian penurunan emisi GRK kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sejak tahun 2019. ** Hbb

 

Related posts