Menaker : Desmigratif Merupakan Ekosistem Pelindungan Pekerja Migran

Menaker memberikan bantuan peralatan sekolah kepada anak-anak keluarga pekerja migran.

MALANG-MARITIM: Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyatakan, program Desa Migran Produktif (Desmigratif) merupakan ekosistem pelindungan pekerja migran Indonesia. Ekosistem ini diyakini akan mendukung terwujudnya kesejahteraan bagi pekerja migran dan keluarganya.

“Kalau sudah terbangun ekosistem pelindungan pekerja migran dengan baik saya yakin keinginan para pekerja migran bekerja ke luar negeri untuk membangun ekonomi akan terwujud,” kata Menaker Ida Fauziyah saat melakukan Sosialisasi Program Desa Migran Produktif di Desa Arjowilangun, Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Kamis (29/8/2024).

Read More

Ida Fauziyah meyakini Desmigratif mampu menjadi ekosistem pelindungan pekerja migran karena Desmigratif memiliki pilar-pilar program yang komprehensif.

Menurutnya, Desmigratif merupakan program yang dirancang di desa asal pekerja migran untuk meningkatkan pelayanan dan pelindungan bagi calon pekerja migran yang akan bekerja ke luar negeri, meningkatkan kemandirian ekonomi dan kesejahteraan bagi keluarga pekerja migran maupun yang sudah purna.

Berbagai manfaat tersebut disebutnya sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan bagi para pekerja migran yang menyandang sebagai ‘Pahlawan Devisa’.

“Pahlawan itu dihormati dan dihargai. Penghormatan dan penghargaan bukan hanya slogan, tetapi berupaya nyata berupa pelindungan yang paripurna bagi pekerja migran,” ujarnya.

Selain melakukan sosialisasi Desmigratif, Ida Fauziyah juga berdialog dengan pekerja migran purna dan keluarganya serta memberi semangat bagi anak-anak para pekerja migran. (Purwanto).

 

Related posts