LAYANAN OPTIMAL DI JALUR LAUT ARUS MUDIK/BALIK

Denpasar, Maritim

MAYORITAS penumpang yang melalui terminal penumpang di wilayah kerja PT Pelabuhan Indonesia III (Persero)/Pelindo III pengguna moda angkutan kapal laut, telah berangsur kembali ke daerah tujuan awal kberangkatan mereka. Realisasi arus penumpang untuk pelabuhan yang dikelola Pelindo III di 7 provinsi kawasan operasi secara total dengan jumlah penumpang yang telah ditangani untuk periode H-15 hingga H+5 lebaran tahun 2018 selama musim mudik hingga arus balik, tercatat sebanyak 272.024 orang yang diangkut dengan total jumlah kapal sebanyak 454 unit.

Lia Indi Agustiana VP Corporate Communication Pelindo III, mengungkapkan: “Puncak arus balik pemudik lebaran tahun 2018 ini yang menggunakan kapal laut melalui Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya diperkirakan terjadi pada H+15, sedangkan yang melalui Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada H+10 dan layanan operasional Pelindo III tetap prima pada periode lebaran saat ini. Kami utamakan kebutuhan serta kenyamanan pemudik”.

Penumpang yang berangkut menggunakan kapal laut setelah lebaran (H+1) sampai dengan H+5 terhitung sebanyak 28.698 orang. Di antaranya, di beberapa wilayah seperti jumlah pemudik yang berangkat melalui Pelabuhan Tanjung Perak sebanyak 9.466 orang, Tanjung Emas sebanyak 5.446 orang dan untuk wilayah Nusa Tenggara, yaitu Pelabuhan Tenau-Kupang sebanyak 4.848 orang, serta wilayah Kalimantan melalui Pelabuhan Kumai sebanyak 1.045 orang dan Banjarmasin sebanyak 2.586 orang. Sedangkan jumlah kapal laut (H+1 hingga H+5) yang melalui Pelabuhan di Pelindo III tercatat sebanyak 52 unit.

Untuk periode H-14 hingga H-1, secara umum pada pelabuhan di 7 provinsi kawasan operasi Pelindo III menunjukkan data realisasi arus mudik tercatat di Pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya, Jawa Timur dengan 98 unit, Kumai di Kalimantan Tengah 24 unit, Banjarmasin dan Kotabaru di Kalimantan Selatan dengan 30 dan 23 unit, dan Maumere di Nusa Tenggara Timur dengan 7 unit.

Memungkasipenjelasan,Lia mengatakan: “Pelindo III juga komitmen melayani masyarakat melalui program mudik tak berbayar yang aman dan nyaman sampai ke terminal kota tujuan. Semoga di tahun depan Pelindo III dapat tambah kuota layanan mudik gratis bagi pemudik pengguna kapal laut, karena banyak pernyataan puas dari pemudik yang telah menikmati program mudik BUMN tahun 2018 bersama Pelindo III”.***AYU/Sub/Maritim.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *