Wisuda Angkatan Ke-5: BPPTL Jakarta Lepas 516 Perwira Pelayaran Niaga Tingkat IV & V

JAKARTA – MARITIM: Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Laut (BPPTL) Jakarta, hari ini, 29 April 2019,  melepas 516 Perwira Pelayaran Niaga Tingkat IV dan V melalui upacara Wisuda ke-5 yang digelar  di lapangan lembaga  itu  yang berlokasi di Jakarta Selatan.

Read More

Secara simbolis, pelepasan ditandai dengan pengalungan samir kepada perwakilan wusidawan oleh Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Laut, Ir. I Nyoman Sukayadnya, MM.,  yang bertindak sebagai Inspektur Upacara pada wisuda tersebut.

Dalam amanat upacaranya, Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut meminta kepada wisudawan agar  tidak cepat berpuas diri terhadap keberhasilan yang saat ini dicapai, melainkan agar terus mengembangkan diri, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan di bidang transportasi, serta memupuk sikap profesional.

Dikatakan I Nyoman, transportasi merupakan salah satu sarana yang dapat menghubungkan manusia dengan tempat yang dituju. Transportasi digunakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Transportasi membuat hidup manusia lebih produktif karena dapat memobilisasi dari satu tempat dengan tempat lainnya dengan cepat dan mudah sehingga dapat mengefisienkan waktu.

“Transportasi merupakan urat nadi kehidupan politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan. Transportasi berperan sebagai sarana mempertinggi integritas bangsa serta meningkatkan standar kehidupan masyarakat secara menyeluruh. Transportasi secara umum berfungsi sebagai sarana yang dapat mempercepat pencapaian tujuan dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi suatu wilayah dan sebagai pemersatu wilayah di dalam negara kesatuan republik indonesia. Transportasi yang terdiri dari transportasi darat, laut dan udara juga mengemban peran penting fungsi pelayanan publik dalam skala domestik maupun internasional.” katanya.

Ia juga mengatakan, BPPTL Jakarta sebagai salah satu lembaga diklat di bawah Kementerian Perhubungan yang telah mendapatkan pengakuan oleh EMSA( European Maritime Safety Agency) atau Badan Keselamatan Maritim Eropa yang beberapa waktu silam datang Indonesia untuk melakukan audit sejumlah lembaga diklat kepelautan.

Sementara itu, Kepala BPPTL Capt. Sukirno, M.M.Tr, M.Mar., dalam salah satu laporan pendidikan mengatakan, 516 Perwira Pelayaran Niaga Tingkat IV dan V yang diwisuda itu terdiri dari Ahli Nautika dan Teknika. Mereka telah didik sesuai standar yang telah ditetapkan STCW 1978 Amandemen 2010. (A.Habib)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *