PELABUHAN GILIMAS AGAR DIPECEPAT

Lembar, NTB – Maritim

SEBAGAI upaya menunjang operasional Pelabuhan Lembar di Lombok Barat, Budi Karya  Sumadi Menteri Perhubungan meminta agar PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero)/ Pelindo III segera menyelesaikan pembangunan dan mempercepat operasional Pelabuhan Gili Mas.Hal itu disampaikan Menhub saat kunjungan kerja ke Lombok, NTB (1/4/2017).

Read More

“Saya minta pembangunan pelabuhan Gili Mas diselesaikan dalam 2 tahap, yaitu untuk kapal cruise dan roro dengan target selesai pada pertengahan 2018 dan untuk petikemas ditargetkan selesai Mei 2019” ujar Menhub.

Secara terpisah Widyaswendra VP Corporate Communication Pelindo III menjelaskan bahwa fihaknya concern untuk mengembangkan Pelabuhan Gili Mas, namun masih perlu mereklamasi lahan seluas 22 hektar. Sampai saat ini Pelindo III masih menunggu keluarnya ijin dari Kementerian Perhubungan.

“Hingga saat ini, sudah terdapat lahn seuas 60 hetar di sisi darat yang sudah siap dibngun. Kedepan,Pelabuhan Gili Mas akan memiliki draft -14 meter LWS, agar dapat melayani kapal-kapal cruise yang seama ii msih termaksa berlabuh kaena belum mungkin sanar di demaga Pelauhan Lembar. Selain itu,kami juga aka menyiapkan apangan penumpukan ptikemas yang mampu menampung 200.000-300.000 petikemas ” tambah Mohammad Iqbal, Direkur Komersial & Operasional Pelindo III.

Terkait dengan adanya laporan soal kendala ijin reklamasi yang dikeluhkan Direksi Pelindo III pada saat kunjungan tersebut, Menhub menyampaikan bahwa Senin (3/4/2017) ini, ijin tersebut sudah keluar. Katanya: “Senin (3/4/2017) saya pastikan ijin reklamasi sudah keluar, sehingga Pelindo III bisa mulai pembangunan pelabuhan Gili Mas. Sebagai imbala, kami minta agar pembangunan dipercepat. Meskipun Pelindo III menargetkan selesai tahun 2020, tetapi kami inta agar bisa beroperasi penuh pada Mei 2019”.  ***ERICK A.M.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *