JATENG “DISERBU” 8 JUTA WISATAWAN MUDIK LEBARAN 2018

Gedung Lawang Sewu Salah Satu ikon pariwisata Semarang

Semarang, Maritim

SELAMA masa libur Lebaran 2018, diperkirakan sebanyak 8 juta wisatawan dari berbagai daerah mendatangi objek wisata di Jawa Tengah (Jateng). Pambudi, Kepala Bidang Destinasi Wisata Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, menyebutkan ada beberapa objek wisata yang jadi destinasi wisatawan, antara lain Candi Borobudur, Museum Purbakala Sangiran, Dataran tinggi Dieng, dan Kepulauan Karimunjawa.

Ujar Prambudi kepada juru wata di Semarang, Senin (18/6/2018): “Prediksi kami terdapat lebih dari 8 juta wisatawan yang datang ke Jateng. Mereka datang dengan menggunakan 4,5 juta kendaraan pribadi maupun bis pariwisata sertaangkutan carter”.

Banyaknya wistawan yang datang ini disikapi Disporapar Jateng dengan perkuat koordinasi lintas daerah dengan seluruh pemda guna memaksimalkan pelayanan. Diprediksi jumlah wisatawan ini akan terus mengalami peningkatan. Hal itu karena masih adanya beberapa agenda wisata, seperti Lebaran ketupat atau Syawalan. Beberapa daerah seperti Kabupaten Kendal bahkan mengagendakan perayaan Syawalan secara besar-besaran.

Lonjakan wisatawan juga terjadi di objek wisata Lawang Sewu Kota Semarang. Destinasi wisata yang dikelola PT KAI itu bahkan mencatat kunjungan hingga 10.916 orang pada hari Minggu (17/6). Tutur Manajer Humas PT KAI Daops IV Semarang, Suprapto: “Rinciannya terdiri dari  8.219 wisatawan dewasa dan 2.697 pengunjung anak-anak”.

Jumlah kunjungan wisatawan saat libur Lebaran 2018 ini meningkat dua kali lipat dibanding hari biasa. Suprapto menyebutkan jumlah pengunjung ke Lawang Sewu Semarang saat hari libur biasa hanya berkisar antara 5.000-6.000 orang.***ERICK A.M..

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *