KONSEP MENPAR KEMBANGKAN BANDARA BANYUWANGI

Bandara Banyuwangi yang kian berkembang

Banyuwangi, Maritim

ARIEF Yahya Menteri Pariwisata RI secara konsisen mendorong Bandar Udara Banyuwangi menjadi gerbang udara internasional yang pengembangannya digabungkan dengan konsep pariwisata. Ujarnya di Banyuwangipekan lalu: “Hal ini sejalan dengan pengembangan sektor pariwisata Banyuwangi, yang kian diminatioleh wisatawan mancanegara (wisman) maupun wisatawan nusantara (wisnus), karena keragaman dan kekhasan obyek wisata di kawasan ujug timur Pulau Jawa ini. Selain itu, bandaranya juga memiliki bangunan yang unik”.

Menpar sangat mendukung implementasi Bandara Banyuwangi menjadi bandara pariwisata internasional. Katanya waktu menghadiri serangkaian acara wisata di Banyuwangi pada saat Lebaran: “Waktu bertemu dengan pak Awaluddin Dirut PT Angkasa Pura II sebagai pengelola Bandara Banyuwangi, beliau menceritakan kepada saya bahwa beliau sangat terkesan pada bandara Koh Samui di Thailand yang sukses menjadi tourism international airport. Karena itu saya ingin Bandara Banyuwangi bisa mencontohnya”.

Lanjut Menpar, secara kebetulan, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas sejak awal membangun Bandara Blimbinari Banyuwangi, juga jadikan Koh Samui sebagai “benchmark”. Guna mmatangkan gagasan itu, Menpar melakukan pertemuan dengan Dirut PT Angkasa Pura II M. Awaluddin dan Bupati Azwar Anas di Banyuwangi pada 13 Juni 2018. Pada saat itu, Awaluddin menjelaskan konsep yang diusung Bandara Koh Samui di Thailand, yang ternyata kemudian Samui berhasil jadikan bandaranya sebagai hub dengan menggandeng operator maskapai sebagai mitra strategis.

“Samui menggandeng Bangkok Airways untuk pengembangan bandaranya. Maskapai itulah yang membawa penumpang ke bandara. Bangkok Airways lalu menjadikan Samui sebagai hub. Hal itulah yang menjadikan bandara, dan bahkan pariwisata di Samui hidup. Hub dari Bangkok Airways khusus untuk tourism ini, sepertinya akan kami lakukan. Apalagi turis yang pernah ke Samui, pernah juga ke Bali. Konsep itu yang akan kita kembangkan agar Bandara Banyuwangi semakin hidup”.

Menpar lalu menegaskan pihaknya akan segera melakukan pendekatan kepada sejumlah maskapai untuk bersinergi dengan Bandara Banyuwangi.***AYU/Sub/Maritim

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *