Pejabat Fungsional Perencana Diminta Bekerja Sebagai Komunitas Pembelajar

Ketua Umum Pengurus Nasional PPPI, I Dewa Gde Sugihamretha, menandatangani berita acara pengukuhan Pengurus PPPI Komisariat Kementerian Ketenagakerjaan.

JAKARTA-MARITIM: Aparat Sipil Negara (ASN) Pejabat Fungsional Perencana di lingkungan Kemnaker diminta bekerja sebagai komunitas pembelajar. Tujuannya agar pejabat fungsional perencana dapat bekerja menjadi birokrasi yang dinamis dalam menghadapi berbagai tantangan ketenagakerjaan.

Hal tersebut ditekankan Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi pada pengukuhan Pengurus Perencana Pembangunan Indonesia (PPPI) Komisariat Kementerian Ketenagakerjaan di Jakarta, Senin (12/12/2022).

Read More

“Komunitas perencana sebagai komunitas pembelajar ini penting peranannya, mengingat tantangan ketenagakerjaan saat ini semakin kompleks,” katanya dalam sambutan yang dibacakan Kepala Biro Perencanaan dan Manajemen Kinerja, Darmawansyah,

Selain mengantisipasi tantangan ketenagakerjaan yang semakin kompleks, lanjut Sekjen, hadirnya komunitas perencana sebagai komunitas pembelajar juga penting karena perkembangan tuntutan profesi perencana itu sendiri.

Oleh karena itu, Pengurus Komisariat PPPI Kemnaker diminta tidak hanya fokus pada program-program kerja yang sifatnya berorientasi pada urusan-urusan administratif. Namun juga berfungsi sebagai kawah candradimuka untuk melahirkan generasi-generasi baru perencana bidang ketenagakerjaan yang kompeten. 

“Sebagai komunitas pembelajar, saya berharap agar komunitas perencana nantinya dapat membangun ruang bekerja bersama, co-working space, sebagai satu-kesatuan perencana di kementerian ketenagakerjaan,” ujarnya.

Pengurus PPPI Komisariat Kemnaker periode 2022-2025 itu dikukuhkan oleh Ketua Umum Pengurus Nasional PPPI, I Dewa Gde Sugihamretha. PPPI Komisariat Kemnaker diketuai Rini Nurhayati. Ia membawahi bidang-bidang koordinasi unit teknis, antara lain bidang pengembangan kompetensi, bidang sistem informasi dan kerja sama,serta bidang umum. (Purwanto).

 

Related posts