Gratis, Kemnaker Gelar Kembali Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair Nasional

JAKARTA-MARITIM: Setelah sukses pada tahun sebelumnya, Kementerian Ketenagakerjaan kembali menggelar Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair Nasional. Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi selaku Plt. Dirjen Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas mengatakan, acara yang sangat dinantikan ini akan berlangsung dari tanggal 27 hingga 29 Oktober 2023 di Hall-A Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Festival Pelatihan Vokasi (FPV) dan Job Fair Nasional ini merupakan peluang berharga bagi pemuda, pencari kerja, pelajar, dan pengusaha untuk menjalin hubungan, mengembangkan keterampilan, dan menjalani pengalaman unik dalam dunia pelatihan vokasi dan karier.

Read More

Selain pelatihan vokasi dan job fair, festival tahun ini juga akan menyelenggarakan lomba keterampilan, meet up ekosisistem pelatihan dan menggelar sertifikasi kompetensi gratis dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Kompetensi).

Pameran pelatihan dan produk vokasi menghadirkan replika kejuruan-kejuruan yang menjadi modalitas Kemnaker dalam menyelenggarakan pelatihan vokasi lengkap dengan peralatan dan produk yang dihasilkan.

Di antaranya kejuruan Automotive (teknik otomotif, alat berat), Electrical (refrigrasi, elektronik, listrik), Manufacture, Mechanical (teknik las), Construction (bangunan), Tourism, Smart Farming, Fashion Technology, Creative Industry, dan IT for Bussiness. Tujuannya untuk memperkenalkan penyelenggaraan pelatihan vokasi kepada para pemangku kepentingan bidang pelatihan vokasi tentang sumber daya pelatihan vokasi yang diselenggarakan oleh Kemnaker.

Selain itu, diadakan lomba keterampilan yang diikuti oleh masyarakat umum yang memiliki keterampilan di bidang Robotic, Beauty Theraphy, Cinematography, dan Photography.

Kemudian ada meet up ekosisistem pelatihan vokasi sebagai ajang untuk mempertemukan seluruh ekosistem pelatihan vokasi. Yaitu peserta yang telah menerima manfaat program Pelatihan Vokasi, Lembaga Pelatihan Vokasi, Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), Pemagangan Luar Negeri dan Dalam Negeri, serta stakeholder pelatihan vokasi lainnya

Dalam festival ini juga digelar 10.000 Sertifikasi Kompetensi Gratis dari BNSP. Meliputi kompetensi bidang Okupasi (Front Office Suppervisor, Staff Administrasi SDM, Instruktur Junior Analisis Muda Hubungan Industrial, dan Operator Komputer Muda). Sertifikasi  diberikan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi melalui LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi).

Sedang Job Fair Nasional akan menyediakan lebih dari 10.000 lowongan kerja. Ratusan perusahaan terkemuka akan hadir untuk mencari calon pekerja yang berkualitas. Selain puluhan ribu lowongan yang tersedia, ada walk-in interview, dimana pemberi kerja/perusahaan dapat langsung mewawancarai pencari kerja. Kemnaker juga menyelenggarakan seminar dan talkshow karier dari narasumber handal, antara lain artis Cinta Laura, Dinar The HR, dan Andovi Da Lopez.

Acara ini gratis dan terbuka untuk semua lapisan masyarakat. Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui situs web resmi kami di fpv.kemnaker.go.id.

Melalui Biro Humas, Sekjen Kemnaker berharap Masyarakat jangan menyia-nyiakan kesempatan ini untuk memperluas wawasan dan peluang karier. “Bergabunglah dalam Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair Nasional 2023, dan bersiaplah untuk melangkah ke masa depan yang lebih cerah,” tegasnya. (Purwanto).

 

Related posts