AMMAN MINERAL & LIPI TELITI LAUT SUMBAWA BARAT

Sumbawa Besar NTB, maritim

PT AMMAN Mineral Nusa Tenggara bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan dan Penelitian Indonesia (LIPI), melakukan Deep Sea Survey penelitian lingkungan laut dalam di selatan Sumbawa Barat, NTB. Jorina Waworuntu Manager Lingkungan Amman Mineral, dalam keterangan resmi katakan kegiatan penelitian ini secara rutin dilakukan setiap lima tahun dan telah dilaksakanan perusahaan sejak 2003. Ujar Jorina Rabu (30/5/2018) “Penelitian laut dalam ini bertujuan memetakan tapak sebaran tailing dan dampak pnempatan tailing di dasar laut dalam terhadap ekosistem laut”.

Penelitian lingkungan laut dalam berlangsung selama kurang lebih tiga minggu, mulai 20 Mei 2018 hingga 8 Juni 2018. Menurut Jorina, data dari hasil penelitian akan digunakan memperbaharui potret tapak tailing bawah laut. Jelasnya: “Survei ini kami lakukan untuk validasi prediksi dalam Analisis Dampak Lingkungan (ANDAL), serta memenuhi persyaratan dan ketentuan perundangan yang berlaku sesuai izin penempatan tailing Amman Mineral”.

Program sosialisasi ke masyarakat mengenai penelitian lingkungan laut dalam, dilakukan dalam acara Openship yang diselenggarakan pada 25 Mei 2018 dengan memperkenalkan infrastruktur riset di KR Baruna Jaya VIII serta memberi kesempatan masyarakat melihat langsung Kapal Riset Baruna Jaya VIII milik Pusat Penelitian Oseanografi LIPI (P2O LIPI).

Penelitian tahun ini dilakukan di 63 stasiun pantau dengan kedalaman hingga lebih 4.000 meter di dalam permukaan laut dan jarak dari pantai ±66 mil laut atau 120 km. Kegiatan penelitian mencakup pengukuran batimetri, arus, kualitas air laut, profil kolom air laut, kimia dan geologi sedimen, plankton, bentos, dan sebagainya.***ADIT/Dps/Maritim

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *