PERDAGANGAN ANTAR PULAU JATIM DITARGET RP.200 TRILIUN

Jumpa Media oleh IBT Expo dan Disperindag Jatim
Jumpa Media oleh IBT Expo dan Disperindag Jatim

Surabaya, Maritim

 

Read More

PROVINSI Jawa Timur menjadi gerbang utama bagi pulau-pulau di Kawasan Timur Indonesia (KTI), dalam menyelenggarakan pasokan untuk berbagai kebutuhan pokok. Menurut Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jatim, 70% perdagangan antar pulau lebih banyak ke KTI untuk pengiriman barang kebutuhan pokok.

 

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadis Perindag) Jawa Timur, Saiful Jasan, membeberkan bahwa perdagangan antar pulau dari dan ke Jatim saat ini terus mengalami peningkatan. Ungkap Saiful: “Capaian di semester I tahun 2018 ini sudah mencapai Rp 101,15 triliun. Tahun 2017 lalu, mencapai Rp 165 triliun dan sampai akhir tahun ini targetnya bisa mencapai Rp 200 triliun”.

 

Pada saat ini Jatim sudah memiliki 26 kantor perwakilan kamar dagang di beberapa daerah di KTI. Dan pemerintah Jatim berharap bukan hanya kebutuhan pokok saja yang dijadikan ajang perdagangan antar pulau, tetapi juga ada produk dari timur Indonesia yang bisa dikembangkan.

 

Imbuh Saiful: “Untuk menjembatani kebutuhan fohak produsen dengan pelaku UMKM ini dibutuhkan lembaga, yang kini diinisiasi dalam ajang ‘Indonesia Bagian Timur (IBT) Expo’ agar mampu mempertemukan pemodal dengan produsennya. Lembaga ini merupakan salah satu badasn swasta yang mau menggelar IBT setiap tahun, sebagai wujud perhatian yang besar bagi pelaku UMKM di Indonesia Timur”.

 

Sementara itu Max Gahara Vice President IBT Center – Garden Palace Hotel, menuturkan keseriusan mereka menggarap dan memajukan potensi Indonesia Timur, merupakan hal yang tidak main-main, selain akan membawa 65 stand hasil UMKM, hasil pertanian, hingga pariwisata di Indonesia Timur melalui IBT Expo 2018 yang akan digelar di Garden Palace Hotel Surabaya pada 31 Oktober hingga 4 November mendatang. Juga akan mendatangkan berbagai konsulat jenderal negara-negara sahabat, hingga potensi KTI akan kian terangkat.

 

Jelas Max, memungkasi keterangan: “Bahkan usai IBT Expo kami juga akan terus membuka peluang pada pelaku usaha di KTI untuk membuka kantor perwakilan di Surabaya. Untuk itu Garden Palace Hotel sudah punya pojok khusus IBT Center. Targetnya dengan adanya Expo ini, IBT Center akan lebih diminati provinsi lain di KTI”. ***MRT/2701

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *